Sejarah Perkembangan Teknologi Hardisk, Flashdisk dan Laptop sampai Sekarang

Perangkat penyimpanan atau yang lebih di kenal dengan harrdisk merupakan Perangkat keras penyimpanan data sekunder, Yaitu data yang disimpan sebagai pusat magnetik pada piringan logam yang disebut platter yang berputar secara terintegrasi.
Fungsi dari Harddisk itu sendiri adalah Perangkat penyimpanan data atau file pada sebuah komputer atau laptop.
Di dalam suatu harddisk terdapat penyimpanan tentang berbagai informasi mengenai perangkat komputer itu sendiri. contohnya berapa kapasitas harrdisk itu sendiri. Semakin cepat harddisk bekerja, semakin cepat juga transfer yang akan dihasilkan. Karena itu harddisk sangat mempengaruhi kinerja sebuah komputer.
Secara umum harddisk digunakan untuk menyimpan suatu data yang sudah telah dihasilkan oleh pemrosesan sebuah komputer. Harddisk sendiri mempunyai ruang utama dari sebuah komputer. Di dalam sebuah harddisk terdapat macam-macam  direktori, folder, subdirektori, dan subfolder, yang fungsinya dipakai untuk meletakkan data dan beberapa informasi dari ruang utama harddisk.
Sedangkan untuk sejarah perkembangan Harddisk yaitu :
1. TAHUN 1961 : IBM 1311
Pada tahun 1961 IBM menciptakan Hard Disk Drive (HDD)  dengan menggunakkan head yang terpisah dalam setiap komponen datanya yang disebut juga Disk Storage Unit Control System Meganical International System. Dan HDD pertama yang dapat Removable (Dapat dicopot atau dipasang lagi ) adalah IBM 1311, yang menggunakan IBM 1316 untuk menyimpan 2 juta karakter.
Pengertian Harddisk, Fungsi Dan Sejarah Perkembangannya
2. TAHUN 1962 : IBM 1301
IBM melaunchingh harddisk dengan kode 1301 “Advanced Disk File”, yang memiliki 25 piringan masing-masing memiliki ukuran 24 inchi dan berkapasitas 28 MB.
Pengertian Harddisk, Fungsi Dan Sejarah Perkembangannya
3. TAHUN 1965 : IBM Ramkit 2310
IBM meluncurkan harddisk yang diberi kode 2310 “Ramkit” dengan satu piringan berukuran 14 inchi harddisk ini berkapasitas 1.024 MB (1mb) . ini harddisk pertama yang hanya mempergunakan satu piringan.
Pengertian Harddisk, Fungsi Dan Sejarah Perkembangannya
4. TAHUN 1979 : FUJITSU F6421 “Eagle”
Fujitsu memperkenalkan media penyimpanan pertama berukuran 10.5 inchi disk drive berkode F6421 “Eagle” dengan kapasitas 446MB menggunakan piringan sebanyak 6 buah dengan ukuran masing-masing piringan 10.5 inchi.
Pengertian Harddisk, Fungsi Dan Sejarah Perkembangannya
5. TAHUN 1979 : Seagate Technology ST-506
Seagate Technology melaunching ST-506, dalah yang pertama menggunakan media berukuran 5.25 inchi, disk drive dengan kapasitas 5 MB dengan menggunakan empat buah
piringan yang masing-masing berukuran 5.25 inchi.
Pengertian Harddisk, Fungsi Dan Sejarah Perkembangannya
6. TAHUN 1981 : SONY OA-D3OV
Sony memperkenalkan disket drive pertama dengan ukuran 3.5 inchi ini adalah disk drive pertama berukuran 3.5 inchi disk drive dengan kode OA-D3OV dengan kapasitas 0.4375 MB yang terdiri dari piringan tunggal berukuran 3.5 inchi.
Pengertian Harddisk, Fungsi Dan Sejarah Perkembangannya
7. TAHUN 1983 : RODIME RO352
Rodime memperkenalkan disk drive pertama yang berkapasitas 10mb . disk drive ini dibuat dengan kode RO352 yang terdiri dari dua piringan dengan masing-masing piringan berukuran 3.5 inchi.
Pengertian Harddisk, Fungsi Dan Sejarah Perkembangannya
8. TAHUN 1983 : Maxtor XT-1140
Maxtor memperkenalkan XT-1140, adalah disk drive pertama menggunakan delapan buah piringan yang di control oleh perantara motor dengan ukuran masing-masing piringan sebesar 5.25 inchi dengan kapasitas mencapai 126 MB.
Pengertian Harddisk, Fungsi Dan Sejarah Perkembangannya
9. TAHUN 1986 : Conner CP340
Conner Peripherals merilis harddisk berkode CP340, harddisk ini berukuran 3.5 inchi dan berkapasitas 40 MB dengan memanfaatkan dua buah piringan di dalamnya.
10. TAHUN 1986 : Conner CP3022
Conner memeperkenalkan harddisk dengan kode CP3022 dengan kapasitas 21 MB dengan mempergunakan satu buah piringan berukuran 3.5 inchi
Pengertian Harddisk, Fungsi Dan Sejarah Perkembangannya
11. TAHUN 1988 : Hitachi DKU-86i
Hitachi melaunching harddisk dengan kode DKU-86i, di klaim yang pertama harddisk dengan kapasitas 1,890 MB dengan mempergunakan delapan buah piringan.
Pengertian Harddisk, Fungsi Dan Sejarah Perkembangannya
12. TAHUN 1989 : Western Digital Standar IDE (Integrated Drive Electronic)
Pada tahun 1989, Western Digital membuat standar IDE (Integrated Drive Electronics) untuk semua ukuran Harddisk.
Pengertian Harddisk, Fungsi Dan Sejarah Perkembangannya
13. TAHUN 2001 : Seagate SATA
Pada tahun 2004, Seagate meluncurkan Hard disk SATA pertama dengan Native Command queing. kapasitas HD ini sudah mencapai 120GB. Dibandingkan dengan 3 tahun sebelumnya, kapasitas HDD meningkat hingga 6 kali lipat.
Pengertian Harddisk, Fungsi Dan Sejarah Perkembangannya
14. TAHUN 2005 : Samsung Hard Disk
Perkembangan Harddisk terus melaju dan kini setahun setelahnya, tepatnya pada tahun 2005 Samsung memperkenalkan sebuah hybrid hard disk 2.5 inci, HD ini menggunakan komponen mekanis magnetis dan NAND flash memory yang berfungsi sebagai buffer yang cepat.
Pengertian Harddisk, Fungsi Dan Sejarah Perkembangannya
15. TAHUN 2006 : Seagate Penperdicular Recording, Momentus 5400.3
Pada tahun 2006 Seagate meluncurkan Penperdicular Recording, Momentus 5400.3 sebuah HD 2.5 inci, berkapasitas 160 GB yang menggunakan teknik vertical recording.
Pengertian Harddisk, Fungsi Dan Sejarah Perkembangannya
16. TAHUN 2007 : Hitachi DeskStar 7K1000
Pada tahun 2007 Hitachi meluncurkan DeskStar 7K1000 Harddisk Terabyte pertama ke pasaran, dengan kapasitas 1000GB, atau 1 TeraByte. Dibanding pada setahun sebelumnya, kapasitas HDD meningkat hampir 10 kali lipat.
Pengertian Harddisk, Fungsi Dan Sejarah Perkembangannya
17. TAHUN 2010 – Sekarang : SanDisk SSD (Solid State Drive)
Solid State Drive (SSD) yang tidak berisik, hemat daya, cepat dan sangat handal, merupakan kriteria HDD masa depan. SSD dengan kapasitas paling besar saat ini berukuran 256GB. Namun, SSD memiliki kekurangan yang terletak pada masalah harga yang sangat mahal dibandingkan HDD. Para Ahli memprediksi bahwa masih dibutuhkan sekitar 5 tahun sampai SSD dapat menyamai kapasitas HDD konvensional dengan harga yang sama.


  • SEJARAH FLASH DISK
Flash disk saat pertama kali dipasarkan pada tahun 2000 hanya berkapasitas 8 MB. Sekarang, tahun 2011, hanya berselang 11 tahun, kapasitas flash disk terbesar yang dipasarkan adalah 256 GB, 32000 kali lipatnya.
Menurut sejarah perkembangan flashdisk ada empat entitas flashdisk atau flash drive USB, yakni Dov Moran dari M-Systems, Pua Khein Seng Phison Elektronik, Trek Teknologi dan Teknologi Netac. Dari keempat entitas tersebut , flashdisk terus di modifikasi baik dari bentuk maupun fungsinya hingga akhirnya flashdisk di komersilkan ke masyarakat umum.
Produk komersial flashdisk yang pertama dipasarkan oleh Trek Teknologi dan IBM pada tahun 2000. Trek Teknologi memasarkan flashdisk dengan nama Thumbdrive sedangkan IBM memasarkan flashdisk di amerika utara bernama DiskOnKey. Alat  Penyimpanan data tersebut memiliki kapasitas 8 Mb. Dengan kata lain, lima kali lebih besar dari pada kapasitas penyimpanan disket pada waktu itu.
Dalam perkembangan selanjutnya, flashdisk menggunakan standar pentransfer data (bus) serial mampu mentransfer data dengan frekuensi clock 480 Mb perdetik. Generasi berikutnya mampu mentransfer data dengan kecepatan yang bervariasi,  misal “180X” atau 180 x 150 KIB/s.

  •  Pengertian dan Fungsi Flash Disk
Flashdisk yang biasanya sering disebut dengan USB Drive, Pen Drive, Pocket Drive, atau microdisk merupakan sebuah perangkat keras dengan bentuk yang berbeda-beda. Biasanya Flash Disk digunakan untuk alat penyimpanan data atau juga untuk menginstal system operasi.

Flash Disk SanDisk

PENGERTIAN FLASH DISK



Flash Disk adalah alat penyimpan data/file yang berupa NAND. Di dalam perangkat ini, tertanam controller dan memori penyimpan data yang bersifat non–volatile alias tidak akan hilang meskipun tidak terdapat daya listrik. Komponen flashdisk lebih sederhana dan relative lebih sedikit dibandingkan dengan hardisk . Hal ini disebabkan karena flashdisk tidak memerlukan piringan, motor, atau part lain yang berkerja secara mekanik.

Umur flashdisk saat ini berkisar 10 tahun (masa pemakian normal). Tips buat anda penggunaan flashdisk pada system operasi Windows Me/2000/XP menyarankan pelepasan flashdisk dengan cara yang aman (Safe Removal). Hal ini untuk menghindari data yang masih tersisa dan belum tertulis dari memori cache ke flashdisk. Pencabutan flashdisk secara mendadak dapat mengakibatkan data yang belum selesai ditulis menjadi rusak. Memutus koneksi dengan cara aman akan memperpanjang umur flashdisk karena hubungan baca/tulis antara komputer dan flashdisk diamankan terlebih dulu dan hubungan listrik singkat (yang dapat merusak komponen flashdisk) dapat dicegah.

  •  FUNGSI FLASH DISK

Flashdisk berfungsi untuk menyimpan dan memindahkan data Anda mungkin yang paling umum digunakan untuk USB flash drive. Tapi sebenarnya ada manfaat flash disk lain yang dapat Anda lakukan dengan drive ini yang sangat berguna. Berikut adalah 10 cara Anda bisa memperoleh manfaat flashdisk drive USB untuk melakukan hal lain lebih dari sekedar hanya menyimpan dan memindahkan data. Selain menyimpan data, Anda dapat menjalankan aplikasi portable dari flash drive USB. Misalnya, OpenOffice, yang merupakan office suite lengkap yang mencakup pengolah kata, spreadsheet, presentasi, paket menggambar, dan database yang tersedia sebagai aplikasi portabel.

Kelebihan dan Kelemahan Flashdisk
Kelebihan Flashdisk :


Ada banyak manfaat dari USB flash drive. Pada dasarnya, fungsi USB Flash Drive hampir sama dengan pendahulunya, namun ada beberapa keistimewaannya. Berikut adalah beberapa keunggulan dari USB flash drive :

1. Sangat Praktis
USB flash drive sangat praktis (portabel). Dibandingkan dengan disket, zip drive dan CD , USB drive jauh lebih mudah dalam hal portabilitas. Bisa digantung di leher, bahkan dimasukkan ke dalam saku. Dan flashdisk mudah dibawa karena bentuknya yang mungil. Dengan kapasitas besarnya, barapapun data yang tersimpan, cukup disimpan.

2. Mudah Terhubung ke Komputer
Karena port USB berkonsep universal, membuat drive kecil ini memudahkan sobat untukrokumen atau file dari satu komputer ke komputer lainnya. Jika sobat memiliki file yang berhubungan dengan pekerjaan atau studi, sobat dapat menyimpan file tersebut ke USB dan memindahkannya ke komputer kantor atau komputer manapun.Tidak peduli apa jenis komputer yang sobat gunakan, asalkan komputer tersebut memiliki port USB, maka sobat dapat mengakses file sobat pada komputertersebut.

3. Baik untuk Back Up data
USB drive memiliki kemampuan luar biasa untuk penyimpanan data karena kapasitas penyimpanan data hingga beberapa gigabyte. Dengan kemampuan memory yang besar membuat USB menjadi pilihan yang cocok untuk membuat cadangan file-file penting, foto atau file berharga lainnya.

4. Kapasitas Memori Lebih Besar
Sebagai perbandingan flash drive memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar dari CD. CD mampu menahan 700 MB sedangkan flash drive sekalipun ukurannya yang kecil, namun kapasitas nya lebih besar (hingga gigabyte) untuk menampung sejumlah besar data dan setiap tahun kapasitas ini semakin meningkat. Kemampuan memory yang besar ini membuat USB adalah pilihan yang tepat untuk memindahkan, mentransfer, cadangan atau mengakses beberapa file.

5. Menggunakan Kekuatan Komputer
Tidak seperti portable hard drive, USB tidak memerlukan sumber daya terpisah. USB dapat beroperasi dengan daya yang dihasilkan oleh komputer.

6. Lebih Tahan lama
Jika tools penyimpanan sebelumnya rentan pecah, tergores, kena debu atau dasarnya 'memar' akibar peka terhadap eksposur luar. USB flash drive jauh lebih tahan lama dan tidak ada kekhawatiran tentang goresan atau jatuh ke tanah, dan dapat menahan paparan jauh lebih dari perangkat sebelumnya.

7. Mudah beradaptasi dengan berbagai operation system computer
Dengan konsep plug and play, flashdisk bisa langsung digunakan tanpa perlu menginstal driver flashdisk tersebut pada sebuah computer.

8. Keamanan data lebih terjaga dari pada menggunakan disket karena pada penyimpana disket, selain ancaman virus, pada kondisi ruangan yang lembab mudah terkena serangan jamur yang merusak kondisi fisik sebuah disket. Resiko ini yang tidak akan ditemui pada flashdisk.
9. Multi Fungsi
Ada beberapa jenis flashdisk yang bisa berperan multi fungsi, seperti bisa digunakan sebagai alat pemutar musik mp3.

Kekurangan Flashdisk :


1. Karena bentuk yang kecil, hingga rawan hilang

2. Removable storage, hingga data rawan rusak
3. Umur penyimpanan data yang singkat, flashdisk juga memiliki umur penyimpanan data yang singkat, biasanya ketahanan data pada flashdisk rata-rata 5 tahun. Ini disebabkan oleh memori flash yang digunakan tidak bertahan lama.

http://herniti.blogspot.com/2015/10/materi-tentang-flashdisk.html

Sejarah Perkembangan Komputer Dari Generasi Awal Sampai Sekarang

Teknologi pada zaman sekarang dapat berdampak kemajuan yang pesat dengan adanya modernisasi yang sungguh luar biasa pada kehidupan manusia era sekarang. Dengan adanya komputer diera sekarang yang super canggih, praktis, dan ringan dibawa kemana pun sangat mempermanja kepada orang-orang yang memakai nya.
Tentu manusia sangat suka teknologi komputer seperti sekarang, namun tahukah kamu bahwa komputer dizaman dahulu merupakan komputer evolusi sebelumnya yang tidak secanggih sekarang ini. Dan definisi komputer sendiri yakni, Komputer adalah suatu barang atau mesin yang dapat menghitung elektronik secara cepat dan menerima input secara digital. Bahasa komputer bermula dari bahasa latin yaitu computare yakni artinya menghitung.
Dari zaman sekarang dan zaman dahulu sudah ada demikian lima generasi komputer, yang tentunya berbeda-beda dari generasi ke generasi selanjutnya. Ya, sejarah memang meninggalkan kenangan berarti untuk sekarang ini, yang seharusnya tidak boleh pula dilupakan.
Jadi, bagi kamu yang belum tahu dan ingin tahu sejarah awal perkembangan setiap generasi komputer sampai generasi sekarang.
Silahkan langsung saja kamu simak dibawah ini:
  1. Generasi Pertama (1946)
Generasi pertama komputer diciptakan sesudah satu tahun Indonesia Merdeka, generasi komputer ini diciptakan secara umum. Generasi komputer pertama kali adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator) komputer elektronik yang sengaja diciptakan secara kebutuhan umum. Perkiraan dari komputer ini berukuran panjang 30m, dan tinggi 2,4m dan berat pun diperkirakan 30 ton. Sangat luar biasa bukan komputer ini? Menurut saya luar biasa, bagaimana tidak kalau kita ingin membawa komputer ini secara so pasti memakai mesin berat lainnya seperti konstruktor hehe
Ciri-cirinya:
– Mengeluarkan uap panas secara berlebihan
– Menggunakan daya listrik yang cukup besar
– Proses relatif lambat
– Menggunakan CPU (Central Procces Unit)
– Ukuran bentuk komputer sangat besar
– Program menggunakan Bahasa mesin
– Daya penyimpanan relatif kecil
  1. Generasi Kedua (1959)
Generasi kedua adalah lahir pada tahun 1959 dan menggunakan mesin transistor yang dapat mempengaruhi popularitas pada komputer saat itu. Pengembangan kedua ini banyak mengakibatkan keperbaikan pada generasi sebelumnya, seperti menemukan pula memori inti-magnetik yang dapat diandalkannya proses menjadi lebih cepat dan tentu ukuran komputer lebih kecil
Ciri-cirinya:
– Adanya penggunaan transistor
– Kapasitas penyimpanan memori lebih banyak
– Daya listrik lebih kecil ketimbang generasi pertama
– Proses pengoperasian menjadi lebih cepat
– Ukuran bentuk lebih kecil ketimbang generasi pertama
  1. Generasi Ketiga (1964)
Generasi ketiga adalah generasi yang menggunakan IC (Integrated Circuit Chip) sebuah chip kecil yang dapat menampung banyak komponen menjadi lebih efisien. Akibat dari transistor pada generasi kedua yang masih mengeluarkan uap terlalu panas, maka para ilmuwan tak menganggap effisien lagi
Ciri-cirinya:
– Penggunaan tidak terlalu panas
– Penggunaan proses lebih cepat
– Bentuk ukuran efisien dan lebih kecil
– Mampu menjalankan program secara bersamaan
  1. Generasi Keempat (1979)
Generasi keempat adalah generasi yang menggunakan chip IC yang sudah di inovasi dan dikembangkan secara maksimal oleh para ilmuwan. Dari generasi keempat inilah yang dapat disebut generasi PC (Personal Computer) dan generasi ini memakai chip tunggal tetapi dapat menampung komponen secara skala banyak.
Ciri-cirinya:
– Memakai LSI (Large Scale Intgration)
– Peningkatan kinerja proses lebih cepat
– Penyimpanan kapasitas lebih besar daya tampungnya
– Bentuk ukuran sudah lebih kecil dan modren
– Penggunaan daya listrik mulai sangat hemat dari sebelumnya
– Penggunaan perorang semakin meluas
– Harga ditawarkan sudah dibilang terjangkau
– Menggunakan visual display dan efek suara
– Memakai Chip IC yang lebih canggih
  1. Generasi Kelima (Sekarang)
Generasi kelima adalah generasi komputer sekarang yang sudah banyak dijumpai dan diperdagangkan secara massal oleh berbagai merek produk tertentu. Katanya, generasi kelima dicap dan dikerapkan sebagai generasi komputer masa depan masa kini. Generasi kelima tentu sudah memakai perangkat komponen tambahan yang sudah tersusun rapi dan berbentuk ukuran pun kecil, luar biasa lagi ditandai dengan LSI (Large Scale Integration) yang berfungsi pemadatan ribuan microprocessor ke dalam microprocessor
Sifat canggih lainnya pun memiliki basis GUI (Grahpic User Interface), telkomunikasi, dan multimedia
Beberapa bukti lainnya dari generasi kelima munculnya Handphone Smartphone, Laptop, Notebook, Ultrabook, Tablet, Phablet, dan mungkin banyak lagi keluar inovosi terbaru nantinya
https://www.barisan.info/sejarah-perkembangan-komputer-dari-generasi-awal-sampai-sekarang/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGERTIAN MONITOR DAN PERAMASALAHAN PADA MONITOR DAN CARA MEMPERBAIKINYA

Konfigurasi 3 Router dengan mengunakan Cisco Packet Tracer